244. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I Sdn

Baca Juga..

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN Pandeyan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pandeyan yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunaka tes keterampilan membaca. Teknis analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book siswa   kelas   I SD dapat   ditempuh   dengan   langkah-langkah   1)   siswa memperhatikan media Big Book, 2) siswa aktif memprediksi isi cerita pada Big Book, 3) siswa diberi contoh membaca Big Book dengan lafal dan intonasi yang tepat dan siswa menirukan, 4) mencocokan prediksi siswa dengan cerita yang telah dibaca, 5) siswa memperhatikan guru memberikan contoh membaca dengan menunjuk kata demi kata, 6) siswa berkomentar dan bertanya terkait kosakata dan cerita pada Big Book, 7) siswa mengulangi membaca cerita pada Big Book secara berkelompok maupun individu. Penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan membaca permulaan dapat ditingkatkan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN Pandeyan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan persentase siswa  yang mencapai nilai rata-rata kelas pada pratindakan 35%, naik menjadi 65% pada siklus I, dan meningkat menjadi 83% pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media Big Book, kelas I SD 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit : skripsi strategi komunikasi skripsi itu apa skripsi literasi keuangan Biologi skripsi jogja skripsi qualitative skripsi s.th vitamin c skripsi skripsi 2019 vitamin c skripsi skripsi 4 variabel akuntansi bab i skripsi msdm skripsi green marketing skripsi zakat profesi skripsi ekonomi syariah

244. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I Sdn adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Senin 31 Maret 2025
244. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I Sdn 244. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I Sdn 244. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I Sdn 244. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I Sdn

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "244. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I Sdn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel