25. Wayang Edukatif Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas Vii

ABSTRAK

Salah satu keterampilan berbahasa adalah berbicara. Pada umumnya berbicara bukanlah hal yang sulit, namun pada kenyataannya sering kali jarang dipraktekkan oleh siswa, terutama para siswa SMP/MTs. Hal ini terjadi karena faktor internal maupun dari faktor eksternal siswa. Dengan demikian, peneliti memberikan  solusi  yang  diharapkan  mampu  membantu  siswa  dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab, yaitu dengan memanfaatkan wayang  edukatif. Sebuah  inovasi  baru  yang  dikemas  secara  menarik,  dengan tujuan untuk menjadikan siswa gemar berbicara bahasa Arab.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana kebutuhan   guru   dan siswa  terhadap   media  wayang  edukatif   yang   sesuai kurikulum? 2) bagaimana prototipe media wayang edukatif? 3) bagaimana penilaian para ahli, guru dan dosen pembimbing terhadap prototipe wayang edukatif?.
Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan angket kebutuhan yang disebar kepada guru dan siswa sebelum penyusunan prototipe media wayang edukatif, serta angket penilaian ahli, guru, dan dosen pembimbing terhadap prototipe media wayang edukatif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) semua responden atau guru dan siswa sangat membutuhkan  media  keterampilan berbicara  bahasa Arab.  2) prototipe wayang edukatif dikemas dalam satu paket yang berisi tokoh wayang, panggung, background, kosakata, dan dialog dengan tema Al „Unwan,  Baitiy, Usrotiy, 3) penilaian para ahli, guru dan dosen pembimbing terhadap prototipe wayang edukatif  dengan jumlah nilai rata-rata 3,83 termasuk kategori sangat baik.

Kata Kunci: wayang edukatif, keterampilan berbicara bahasa Arab.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

25. Wayang Edukatif Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas Vii adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 25. Wayang Edukatif Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas Vii

Belum ada Komentar untuk "25. Wayang Edukatif Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas Vii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel