251. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Pada Siswa Kelas V Sdn
Baca Juga..
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer pada siswa kelas V SDN 2 Blunyahan kecamatan Sewon kabupaten Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016 dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas V SDN 2 Blunyahan yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Blunyahan. Hasil belajar saat pra tindakan, rata-rata kelas adalah 59,12 untuk ketuntasan ada 9 siswa atau 26,47% dan belum tuntas ada 25 siswa atau 73,53%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 75,00. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 66,47 ketuntasan ada 20 siswa atau 58,83% dan belum tuntas ada 14 siswa atau 41,17% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I sebesar 7,35 sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 77,94 dan ketuntasan ada 29 siswa atau 85,29% dan belum tuntas ada 5 atau 14,71%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 11,47. Keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat.
Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Aktif tipe Giving Question and Getting Answer
File Selengkapnya..... Tag Favorit : Pertanian skripsi 2019 Fisipol skripsi rnd uny skripsi daun binahong PTK bab i skripsi skripsi semester 9 skripsi obesitas e skripsi fk unand variabel y skripsi audit skripsi j+t skripsi hukum skripsi valuasi ekonomi skripsi gambar teknik
Baca Juga..
- 286. Pengaruh Tingkat Perhatian Orang Tua Dan Pemberian Penguatan Guru Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas Iv Sd
- 285. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning
- 284. Penerapan Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri Cangkrep Kidul Kecamatan Purworejo
- 283. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Scramble Untuk Siswa Kelas V Sd
251. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Pada Siswa Kelas V Sdn adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "251. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Pada Siswa Kelas V Sdn"
Posting Komentar