30. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Mts Kelas Viii

ABSTRAK

Berdasarkan data dari badan pusat statistic (BPS), salah satu permasalahan siswa adalah kesulitan dalam pembelajaran membaca yang disebabkan oleh minat baca siswa sangat sedikit. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran  yang  dapat  memotivasi  siswa  dalam meningkatkan  minat  baca siswa. Salah satunya dengan Media E-Learning. Ada beberapa kelebihan dari media E-Learning dibandingkan dengan metode konvensional. Salah satu kelebihan utama media E-Learning adalah terdapat rute belajar yang dapat menuntun siswa dalam memahami materi pelajaran.
Tujuan  penelitian  ini  yaitu:  (1) mengetahui  kebutuhan  guru  dan  siswa terhadap media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk keterampilan membaca bahasa Arab, (2) mendeskripsikan gambaran prototipe media E- Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire, (3) mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire, dan (4) mengetahui efektivitas media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk keterampilan membaca bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang.
Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang sudah diajarkan. Alat data non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi siswa terhadap kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar, serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket  uji  validitas  ahli terhadap  media E-Learning  berbasis  aplikasi  Lectora Inspire dan dokumentasi foto.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media E-Learning yang memuat SK dan KD, Rute Belajar, Kosakata, Bacaan, Tata Bahasa, dan Evaluasi. Pada media ini terdiri empat tema, yaitu profesi (ةىهمنا), hobi (ةياىهنا), dan aktifitas di rumah ( يف  يحطشوا ثيبنا).  Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan hasil kesesuaian pada aspek rekayasa perangkat lunak, komunikatif, visual, audio, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kontekstual. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan  soal tes menunjukkan  t hitung 18,158 dan hasil penilaian siswa melalui angket menujukkan t hitung 35,05. Semuanya jatuh di daerah penerimaan  Ha,  sehingga  Ha  diterima.  Adapun  t  tabel  1,711  jatuh  pada penerimaan Ho, sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Kata kunci: E-Learning, Media, dan Keterampilan Membaca
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

30. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Mts Kelas Viii adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 30. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Mts Kelas Viii

Belum ada Komentar untuk "30. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Mts Kelas Viii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel