4. Kawanua Basiar di Tanah Deli (Studi Etnografi Kawanua di Kota Medan)

ABSTRAK
Penelitian ini mendeskripsikan tentang suku Minahasa di Kota Medan, meliputi Asosiasi sosial dan strategi adaptasi di Kota Medan. Secara umum suku Minahasa tersebar hampir di seluruh penjuru Kota Medan, hal ini didapatkan melalui serangkaian proses penelitian yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode etnografi yang bertujuan mendapatkan data yang bersifat menyeluruh, serangkaian proses penelitian ini dilakukan dengan cara participant observation dan wawancara secara mendalam yang bersifat terbuka.
Penelitian ini mendapatkan gambaran mengenai suku Minahasa yang tersebar di Kota Medan serta berafiliasi pada beberapa asosiasi sosial, seperti; Perkumpulan Tolong Menolong Pinaesaan (PTMP), Koor Family dan Himpunan Masyarakat Sulawesi Utara (HIMSU) yang merupakan paguyuban khusus suku Minahasa di Kota Medan yang berfungsi untuk membantu sesama individu suku Minahasa  di  Kota  Medan  dan  menguatkan  identitas  suku  Minahasa  di  Kota Medan. Identitas merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan manusia, dimana dalam hal ini organisasi sosial Minahasa tersebut sebagai bagian dari strategi adaptasi suku Minahasa di Kota Medan, secara khusus PTMP adalah organisasi sosial berbasis keagamaan namun tidak menutup kemungkinan untuk berinteraksi lintas agama, secara umum organisasi sosial masyarakat Minahasa lainnya bersifat terbuka.
Akhir penelitian  ini  mendapatkan  kesimpulan  berupa;  organisasi  sosial berperan dalam strategi adaptasi dan identitasdimana kedua hal tersebut memiliki peran penting dalam setiap aspek kehidupan. Strategi adaptasi berjalan dengan dinamika kehidupan masyarakat, dimana terdapat beragam proses penyesuaian dengan kehidupan masyarakat di Kota Medan secara umum. Penelitian ini mendorong agar proses strategi adaptasi suku Minahasa juga menjangkau generasi muda Minahasa untuk dapat berperan serta dan aktif dalam bersosialisasi antar suku lainnya dalam komposisi masyarakat di Kota Medan

Kata-kata kunci : Minahasa, Kawanua, PTMP, Strategi adaptasi, identitas, suku bangsa
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

4. Kawanua Basiar di Tanah Deli (Studi Etnografi Kawanua di Kota Medan) adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 4. Kawanua Basiar di Tanah Deli (Studi Etnografi Kawanua di Kota Medan)

Belum ada Komentar untuk "4. Kawanua Basiar di Tanah Deli (Studi Etnografi Kawanua di Kota Medan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel