60. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena yang terjadi di SMP Negeri Wanasari Brebes bahwa terdapat siswa yang memiliki pemahaman self- control yang cenderung rendah. Fenomena yang terjadi seperti sikap dalam bergaul dengan teman-temannya yang salah atau kurang memiliki etika seperti penggunaan kata-kata kotor dan kasar, tidak menghargai teman dan personil sekolah lainnya serta kurangnya kemampuan siswa dalam mengelola emosinya, tidak bisa menolak semua ajakan  teman  baik  itu  positif  atau  negatif  untuknya,  dan  rata-rata  siswa  belum memiliki pandangan tentang masa depannya kelak atau belum memiliki cita-cita. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan pemahaman self-control yang dimiliki siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  layanan  bimbingan  kelompok terhadap peningkatan  pemahaman  self- control siswa.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Penelitian ini menggunakan 10 subjek penelitian yang memiliki tingkat pemahaman self-control yang beragam. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil perhitungan pre-test. Metode pengumpulan data menggunakan skala self-control yang diberikan sebelum dan setelah pemberian treatment berupa layanan bimbingan kelompok. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif presentase dan uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman self-control siswa sebelum pemberian treatment berupa layanan bimbingan kelompok sebesar 55% dan termasuk dalam kategori sedang. Setelah pemberian bimbingan kelompok sebanyak delapan kali   mengalami   perubahan   menjadi 81%.   Sehingga   berdasarkan   presentase pemahaman  self-control  mengalami  perubahan  yaitu peningkatan  sebanyak  26%. Hasil perhitungan uji wilcoxon menunjukkan perhitungan sebelum dan setelah memperoleh treatment, diperoleh zhitung = 55 > ztabel = 8 dengan taraf signifikansi 5% sehingga dinyatakan bahwa Ha diterima. Dengan kata lain bahwa terjadi perubahan tingkat kemampuan   self-control   siswa   setelah   diberikan   layanan   bimbingan kelompok,   maka   dapat disimpulkan   bahwa   layanan   bimbingan    kelompok berpengaruh terjadap peningkatan pemahaman self-control siswa.

Kata kunci : Kemampuan Self-control, Layanan Bimbingan Kelompok.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

60. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

60. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes 60. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes 60. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes 60. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes

Belum ada Komentar untuk "60. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel