61. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Konselor Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri 24 Semarang

ABSTRAK

Pelayanan   Bimbingan   Konseling   merupakan   kegiatan   yang   integral   dari keseluruhan kegiatan pendidikan yang ada di sekolah. Pelayanan BK akan berjalan optimal apabila adanya sikap positif yang ditampilkan siswa pada pelaksanaan pelayananan bimbingan konseling di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan data awal dilapangan bahwa siswa di SMP Negeri 24 Semarang memiliki sikap yang kurang positif terhadap pelayanan BK di sekolah. Hasil wawancara juga menunjukkan adanya persepsi yang kurang baik terhadap kepribadian konselor di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian konselor di SMP Negeri 24 Semarang, gambaran mengenai sikap siswa terhadap pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 24 Semarang, dan mengetahui hubungan antara persepsi  siswa  tentang  kompetensi  kepribadian  konselor  dan  sikap  siswa  terhadap pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 24 Semarang.
Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah penelitian  deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 24 Semarang yang berjumlah 756 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Proporsional Stratified Random Sampling, sampel yang diambil sejumlah 75 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala psikologis yaitu skala persepsi dan skala sikap. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasi product moment.
Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata gambaran persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian konselor dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 81%, dan rata-rata  gambaran sikap  siswa  terhadap  pelayanan  bimbingan  dan  konseling  dalam kriteria positif dengan persentase sebesar 75,25%. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan  bahwa  ada hubungan  yang  positif  dan  signifikan  antara  persepsi  siswa tentang   kompetensi   kepribadian konselor   dengan   sikap   siswa   terhadap   pelayanan bimbingan dan konseling yang ditunjukkan dengan nilai rhitung= 0,633 dengan nilai rtabel=0,227 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian harga rhitung> rtabel sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Simpulan dari penelitian ini bahwa di SMP Negeri 24 Semarang (1) persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian konselor dalam kriteria baik, (2) sikap siswa terhadap pelayanan bimbingan dan konseling dalam kriteria positif, dan (3) ada hubungan yang positif  dan  signifikan  antara persepsi  siswa  tentang kompetensi  kepribadian  konselor dengan sikap siswa terhadap pelayanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu disarankan kepada konselor sekolah untuk meningkatkan kompetensi kepribadiannya dengan cara memperhatikan stabilitas kepribadiannya dengan berperilaku terpuji, menjaga kestabilan emosi, empati, serta peka terhadap siswa dengan harapan nantinya siswa mempunyai persepsi yang baik tentang kompetensi kepribadian konselor sehingga sikap siswa terhadap pelayanan bimbingan konseling semakin positif.

Kata Kunci: kompetensi kepribadian konselor, sikap siswa, pelayanan bimbingan dan konseling
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

61. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Konselor Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri 24 Semarang adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

61. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Konselor Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri 24 Semarang 61. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Konselor Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri 24 Semarang 61. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Konselor Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri 24 Semarang 61. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Konselor Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri 24 Semarang

Belum ada Komentar untuk "61. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Konselor Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri 24 Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel