21. Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling Dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung Oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran objek wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung serta hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemasaran oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi.  Informan  terdiri  dari  para  pengunjung  lokasi penelitian,  para pelaku  wisata,  organisasi  wisata  dan  Kepala  Bidang  Pemasaran  dan  Promosi Usaha Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo. Data yang digunakan  pada penelitian  ini  adalah  kombinasi  dari  data  primer  dan  data sekunder.  Teknik  pengumpulan  data dengan  wawancara  dan  dokumentasi. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan mulai April sampai Juli 2016. Dalam memenuhi keabsahan data penelitian ini digunakan triangulasi dengan sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Karo melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah melakukan strategi komunikasi pemasaran yang dirancang oleh internal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu sendiri  tanpa  melibatkan  para  pelaku  wisata dalam perencanaan.  Para  pelaku wisata dilibatkan pada saat pelaksanaan kegiatan pemasaran baik berupa event Pesta Budaya Mejuah-juah, Pesta Bunga Buah  maupun Festival Danau Toba. Dalam pemasaran objek wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung dilakukan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) melalui advertising, public relations, sales promotion dan personal selling. Strategi komunikasi pemasaran  antara  lain  berfokus  pada:  image,  daya  tarik alam,  dukungan masyarakat dan kemajuan teknologi informasi. Strategi komunikasi pemasaran yang menonjolkan keunikan Karo yaitu seni budaya dan daya tarik alam untuk memenangkan  persaingan dengan  daerah  lain.  Strategi  komunikasi  pemasaran yang berfokus pada promosi agar lebih efektif seperti pemilihan media dan penentuan target.
Faktor yang dapat menjadi pendukung dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran adalah adanya objek wisata yang indah, banyaknya wisatawan yang berkunjung, pemberitaan mengenai erupsi Gunung Sinabung, serta akses menuju Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung yang mudah dicapai dari Medan (Ibu Kota Propinsi) hanya sekitar 1,5 jam dan biaya berwisata yang cukup murah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat antara lain kurangnya koordinasi antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo dengan para pelaku usaha pariwisata, kurangnya dana, lingkungan yang kurang bersih, serta kurangnya  perhatian  dan kemauan  dari  pimpinan  untuk  melakukan  terobosan baru.

Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, IMC, Pariwisata.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

21. Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling Dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung Oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 21. Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling Dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung Oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata

Belum ada Komentar untuk "21. Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling Dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung Oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel