24. Pemaknaan Followers Akun Instagram @Komikazer Mengenai Kritik Reza Mustar Terhadap Budaya Konsumtif Generasi Muda

ABSTRAK
Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui  bagaimana  pemaknaan  followers  akun Instagram @Komikazer mengenai kritik Reza Mustar terhadap budaya konsumtif generasi   muda. Metode   penelitian   yang  digunakan   adalah  metode   deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik dari George H.  Mead,  Teori  Konstruksi  Realitas Sosial  dari  Peter  L.  Berger  dan  Thomas Luckman dan Analisis Resepsi dari Stuart Hall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis resepsi. Triangulasi data yang dilakukan adalah triangulasi sumber data dengan mewawancarai Reza Mustar. Adapun informan penelitian ini berjumlah delapan orang yang mengirimkan tanda suka maupun komentar pada minimal salah satu komik Hasrat Kebendaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pada kategori dominan, informan memaknai bahwa komik-komik yang mengandung kritik terhadap budaya konsumtif berguna sebagai pengingat dan alat untuk refleksi diri yang pelan tapi pasti akan tertanam di dalam pikiran para pengikut akunnya, sehingga dapat mengurangi tingkat konsumtif mereka. Selain itu, komik-komik tersebut juga dapat mengubah perilaku konsumtif karena banyak orang-orang yang pro terhadap akun @Komikazer dan mempengaruhi orang-orang yang kontra melalui fitur komentar. (2) Pada kategori negosiasi, informan memaknai bahwa komik-komik tersebut dapat mencerahkan dan mengubah perilaku konsumtif pengikutnya yang berusia dewasa jika pembuat komik konsisten dan menunjukkan bukti nyata bahwa dirinya  tidak  konsumtif.  (3)  Pada  kategori  oposisi,  informan memaknai  bahwa komik-komik  tersebut  merupakan  penggambaran  terhadap  sesuatu  yang  sering terjadi di masyarakat sehingga tidak mungkin dapat mencerahkan dan mengubah perilaku konsumtif.

Kata Kunci: Pemaknaan, Analisis Resepsi, Instagram, Budaya Konsumtif
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

24. Pemaknaan Followers Akun Instagram @Komikazer Mengenai Kritik Reza Mustar Terhadap Budaya Konsumtif Generasi Muda adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 24. Pemaknaan Followers Akun Instagram @Komikazer Mengenai Kritik Reza Mustar Terhadap Budaya Konsumtif Generasi Muda

Belum ada Komentar untuk "24. Pemaknaan Followers Akun Instagram @Komikazer Mengenai Kritik Reza Mustar Terhadap Budaya Konsumtif Generasi Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel