29. Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Model Komunikasi Pembelajaran Pada Homeschooling Komunitas Kak Seto

ABSTRAK
Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pemahaman   informan   terhadap kegiatan belajar mengajar dan untuk menemukanmodel komunikasi pembelajaran yang  diterapkan Homeschooling  Kak  Seto  Wilayah  Kota  Medan.   Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan Teori Interaksionisme dari George H. Mead, Komunikasi Pembelajaran dari James McCroskey, Prinsip Pesan Pembelajaran dari Malcolm Levine, Model Komunikasi, dan Homeschooling dari John Holt. Informan penelitian ini terdiri dari tiga tutor, tiga siswa, dua orang tua siswa, dan seorang pengamat sekaligus praktisi homeschooling komunitas. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan observasi partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemahaman, dan interpretasi. Triangulasi  yang dilakukan adalah triangulasi sumber data.Hasil penelitian menunjukan bahwa informan memiliki pemahaman bersama sebagai berikut: (1) Homeschooling Kak Seto merupakan pendidikan alternatif(2) Homeschooling Kak Seto memberikan pesan pembelajaran  yang  sederhana  yaitu  mata  pelajaran  yang  hanya diujikan  pada Ujian  Nasional  (3)  Tutor  adalah  pengajar  yang  memiliki  kedekatan  personal dengan siswa-siswanya (4) Homeschooling Kak Seto tidak menerapkan sanksi maupun aturan yang baku terhadap siswa. Model komunikasi pembelajaran Homeschooling Kak Setomerupakan model komunikasi dua arah, dimana adanya hubungan dua arah, tetapi terbatas antara tutor dan siswa secara individual. Antara siswa satu dengan yang lainnya tidak dapat berdiskusi dalam kegiatan belajar. Komunikasi antara tutor dan siswa, tutor dan orang tua, serta orang tua dan siswa masih terpisah satu sama lain, tidak ada komunikasi antara sesama orang tua maupun sesama siswa. Keterlibatan orang tua belum 50:50 dalam kegiatan belajar siswa di HSKS Medan.

Kata kunci: Interaksionisme Simbolik, Model Komunikasi Pembelajaran, Komunikasi Pembelajaran, Homeschooling, Homeschooling Kak Seto.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

29. Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Model Komunikasi Pembelajaran Pada Homeschooling Komunitas Kak Seto adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

29. Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Model Komunikasi Pembelajaran Pada Homeschooling Komunitas Kak Seto 29. Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Model Komunikasi Pembelajaran Pada Homeschooling Komunitas Kak Seto 29. Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Model Komunikasi Pembelajaran Pada Homeschooling Komunitas Kak Seto 29. Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Model Komunikasi Pembelajaran Pada Homeschooling Komunitas Kak Seto

Belum ada Komentar untuk "29. Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Model Komunikasi Pembelajaran Pada Homeschooling Komunitas Kak Seto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel