60. Peranan Supervisor Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SD

ABSTRAK
Rumusan Masalah Penelitian adalah : 1). Bagaimana pelaksanaan supervisi di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng? 2). Bagaimana gambaran profesionalitas guru di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng? 3). Bagaimana peranan supervisor Pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1). Untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan supervisi di SD 14 Allu Kabupaten Bantaeng. 2). Untuk mengetahui seperti apa gambaran profesionalitas guru di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng. 3). Untuk mengetahui seberapa besar peranan supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng.
Dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti memilih Jenis penelitian Kualitatif, pendekatan fenomenologi. Untuk memperoleh data penulis melakukan, wawancara, observasi, dokumentasi dan penguji keabsahan data yaitu Triangulasi.
Hasil penelitian ini antara lain: (1) Pelaksanaan supervisi di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng supervisor telah melaksanakan supervisi dalam upaya pengembangan dan peningkatan profesionalitas guru yaitu mengumpulkan penilaian mengenai situasi belajar mengajar dengan melakukan penilaian terhadap guru dan peserta didik, melakukan tinjauan kelas (2) Gambaran profesionalitas guru di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng yaitu guru menyediakan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan proses pembelajaran, penguasaan kompotensi dasar terhadap mata pelajaran yang diampuh, penguasaan serta pengembangan materi ajar, pemanfaatan teknologi informasi (3) Peranan supervisor pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng yaitu supervisor mampu melaksanakan peranannya seperti melakukan bimbingan dan pengarahan, membantu dalam pemilihan metode, membantu dalam pemilihan sumber pengajaran, dapat bertindak sebagai pemimpin, moderator, pemateri dan motivator mampu menerima saran dan kritikan yang di berikan kepadanya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa supervisor pendidikan berperan dalam meningkatkan profesionalitas guru di SD Negeri 14 Allu Kabupaten Bantaeng.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

60. Peranan Supervisor Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SD adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 60. Peranan Supervisor Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SD

Belum ada Komentar untuk "60. Peranan Supervisor Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel