116. Pelaksanaan Pembelajaran Di Sentra Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) Tk

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanan pembelajaran di Sentra APET. Fokus penelitiannya meliputi rencana, kegiatan, dan evaluasi pembelajaran Sentra APET. Jenis penelitian  ini  yaitu  deskriptif.  Subjek  penelitian  meliputi  satu  guru sentra, koordinator pembelajaran, kepala sekolah, dan siswa usia 4-5 tahun yang berjumlah 14 anak. Objek penelitian yakni pelaksanaan pembelajaran di Sentra APET. Tempat penelitian di Sentra APET PAUD Bina Buah Hati Jl Sorowajan Baru  No.  1  Banguntapan,  Bantul.  Metode  pengumpulan  datanya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data dilakukan secara kualitatif sesuai dengan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) rencana pembelajaran di Sentra APET mengacu pada Kurikulum 2013 dan pengembangan muatan materi menyesuaikan dengan standar nasional PAUD Permendikbud No. 137 tahun 2014; (2) kegiatan pembelajaran terdiri dari; (a) pijakan lingkungan main: 1) guru menata alat dan bahan main menggunakan peralatan yang ada di sentra (bakiak, gamelan, rebana, holahop,  dan  rantai  gelang  karet),  2)  guru  juga  membawa  bahan  dari  rumah karena  di  sekolah  tidak  ada  (daun  pisang  untuk  membuat  terompet),  3) menyambut anak, 4) main pembukaan (gerak dan lagu), 5) transisi (minum dan buang air kecil); (b) pijakan sebelum main: 1) guru mengajak siswa duduk melingkar,  2) presensi,  3) menjelaskan  tema dan  sub  tema  (tanya jawab  dan menggambar benda yang berhubungan di whiteboard), 3) aturan main, 4) transisi sebelum main; (c) pijakan saat main: 1) siswa memilih permainan yang disuka seperti (membuat kuluk, terompet, mennyambu karet gelang, dan memainkan rebana), 2)  guru mengawasi,  mendampingi, dan memotivasi siswa yang tidak minat bermain dengan cara bermain di dekatnya sehingga anak ingin mencoba; (d) pijakan setelah main: 1) guru mengajak siswa membereskan alat dan bahan main, 2) cuci tangan, 3) duduk melingkar, 4) menanyakan perasaan setelah bermain, 5) berdoa sebelum makan, 6) minum dan makan, 7)membaca doa setelah makan dan belajar,   8)   memberikan penjelasan   mengenai   pembelajaran   esok   hari,   9) bersalaman kemudian siswa keluar kelas; (3) evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi harian, bulanan, dan semesteran yang menggunakan teknik skala capaian perkembangan, catatan anekdot, dan catatan hasil karya siswa setiap bulan.

Kata kunci: pembelajaran, sentra, alat permainan edukatif tradisional 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

116. Pelaksanaan Pembelajaran Di Sentra Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) Tk adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

116. Pelaksanaan Pembelajaran Di Sentra Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) Tk 116. Pelaksanaan Pembelajaran Di Sentra Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) Tk 116. Pelaksanaan Pembelajaran Di Sentra Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) Tk 116. Pelaksanaan Pembelajaran Di Sentra Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) Tk

Belum ada Komentar untuk "116. Pelaksanaan Pembelajaran Di Sentra Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) Tk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel