121. Pendidikan Karakter Di Tk Al I’dad An-Nuur

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam pelaksanaan pendidikan  karakter di  TK  AL  I‟DAD  An-Nuur  Cahaya  Umat.  Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah ketua Program PAUD An-Nuur, kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Alasan TK ini menjadikan pendidikan karakter sebagai salah satu program unggulan adalah karakter merupakan sesuatu yang sifatnya mendasar, sehingga harus ditanamkan sejak dini, dan TK ini ingin menjadikan pendidikan karakter sebagai icon dari sekolah; 2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di TK ini yaitu: (a) cinta Tuhan dan segenap Ciptaan-Nya, (b) kemandirian  dan  tanggung  jawab,  (c)  kejujuran/amanah  dan  diplomatis,  (d) hormat dan santun, (e) dermawan, suka menolong, dan gotong royong, (f) percaya diri, kreatif, dan kerja keras, (g) kepemimpinan dan keadilan, (h) baik dan rendah hati, (i) toleransi, kedamaian dan kesatuan, serta K4 yaitu kebersihan, kerapian, keamanan  dan  kesehatan;  3)  Proses  penanaman nilai-nilai  karakter di  TK ini diselenggarakan melalui program-program sekolah dan melekat pada setiap kegiatan; 4) Pihak-pihak yang berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter ini yaitu ketua Program PAUD An-Nuur, kepala sekolah, guru, orang tua dan anak; 5) Faktor pendukung dari pelaksanaan program pendidikan karakter di TK ini meliputi: pendidik yang memiliki kompetensi dan pengalaman, sikap orang tua yang terbuka, anak yang bersemangat dan memiliki motivasi, kepemilikan media pembelajaran, dan pelibatan orang tua dalam program parenting; dan 6) Faktor penghambat dari pelaksanaan program pendidikan karakter di TK ini meliputi: lingkungan masyarakat yang belum menerapkan nilai-nilai karakter, lingkungan keluarga  yang  belum  konsisten dalam  menanamkan  nilai-nilai  karakter  baik kepada anak, dan tayangan televisi yang kurang sesuai bagi anak usia dini.

Kata kunci: pendidikan, karakter, anak
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

121. Pendidikan Karakter Di Tk Al I’dad An-Nuur adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

121. Pendidikan Karakter Di Tk Al I’dad An-Nuur 121. Pendidikan Karakter Di Tk Al I’dad An-Nuur 121. Pendidikan Karakter Di Tk Al I’dad An-Nuur 121. Pendidikan Karakter Di Tk Al I’dad An-Nuur

Belum ada Komentar untuk "121. Pendidikan Karakter Di Tk Al I’dad An-Nuur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel