153. Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam
Baca Juga..
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam di Kelompok A TK ABA Dekso, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak usia TK A yang masih kesulitan dalam mengenal pola.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis & Taggart dan dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak Kelompok A TK ABA Dekso yang berjumlah 26 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal pola melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase pada setiap indikator yang dinilai. Pada indikator memperkirakan urutan berikutnya pola (ABAB) berdasarkan: a) kriteria warna pra siklus adalah 44,56%, Siklus I 86,95%, dan Siklus II 95,45%, b) kriteria bentuk pra siklus adalah 46%, Siklus I 89,77%, dan Siklus II 98,5%, c) kriteria ukuran pra siklus adalah 41%, Siklus I 75%, dan Siklus II 91,67%. Pada indikator memperkirakan urutan berikutnya pola (ABCABC) berdasarkan: a) kriteria warna pra siklus adalah 39,13%, Siklus I 59,09%, dan Siklus II 89,13%, b) kriteria bentuk pra siklus adalah 41,30%, Siklus I 62,5%, dan Siklus II 90,27%, c) kriteria ukuran pra siklus adalah 36,45%, Siklus I 55,43%, dan Siklus II 88,15%. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran sebagai berikut: peneliti mempersiapkan alat dan bahan meronce. Selanjutnya, guru mendemonstrasikan kegiatan meronce dengan cara mengelompokkan bahan alam sesuai kriteria yang sama, kemudian bahan alam dironce berdasarkan urutan pola tertentu. Dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola Kelompok A TK ABA Dekso.
Kata kunci: mengenal pola, meronce bahan alam, anak kelompok A.
Tag Favorit : skripsi film 99 cahaya di langit eropa skripsi teknik mesin skripsi etnografi komunikasi skripsi 3 variabel manajemen keuangan variabel y skripsi pajak skripsi csr Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan skripsi j+t express Ekonomi Manajemen skripsi rantai pasok skripsi data sekunder e skripsi ipb skripsi zakat produktif skripsi semester 7 atau 8 skripsi manajemen sdm
153. Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,
Baca Juga..
- 175. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Wayang Ular Tangga (Walarta) Untuk Pengenalan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Tk
- 185. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Ritatoon Pada Anak
- 184. Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Jenjang Pendidikan Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anak
- 183. Tingkat Kemandirian Anak Ditinjau Dari Status Kerja Ibu Di Tk




Belum ada Komentar untuk "153. Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam"
Posting Komentar