135. Peningkatanketerampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di Tk

Baca Juga..

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan   keterampilan  berbicara melalui metode karyawisata pada anak Kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 07   Bantul.   Penelitian   ini   dilakukan   karena   terdapat   permasalahan   dalam pengembangan keterampilan berbicara di kelompok A. Jenis  penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A yang berjumlah 20 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 20 anak  memiliki keterampilan berbicara dengan kriteria baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak kelompok A dapat ditingkatkan melalui metode karyawisata. Keterampilan berbicara yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi: ketepatan ucapan, penempatan tekanan, nada/durasi yang sesuai dan pilihan kata yang digunakan dalam   membentuk   struktur   kalimat   yang   benar.   Hal   ini   dibuktikan   dari peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok A yang ditunjukkan oleh pencapaian skor sebelum tindakan sebesar   101 (42,08%), kemudian terjadi peningkatan  setelah  tindakan  dengan skor  akhir  yang  dicapai  sebesar  227 (94,58%).  Stimulasi  yang  dilakukan  guru  dalam  upaya meningkatkan keterampilan  berbicara  pada  anak  kelompok  A,  meliputi:  (1)  Mengajak  anak untuk mengamati lingkungan sekitar area karyawisata, (2) Mengikutsertakanan partisipasi orang tua dalam pelaksanaan karyawisata yang akan dilaksanakan lebih jauh dari yang lalu dengan menggunakan transportasi/kendaraan, (3) Menyiapkan lembar observasi untuk mencatat peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok A, (4) Mengatur tempat duduk anak menjadi tiga kelompok, masing- masing berjumlah enam sampai tujuh orang, (5) Mengelompokkan anak yang sudah aktif berbicara dengan anak yang masih pasif agar anak tersebut dapat termotivasi untuk berbicara.

Kata kunci: keterampilan berbicara, kelompok A, metode karyawisata 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit : judul skripsi k 13 skripsi qualitative research skripsi nilai moral e skripsi ipb skripsi 1 variabel skripsi valuasi ekonomi skripsi k-nearest neighbor skripsi menggunakan eviews 9 Tata Busana skripsi online e skripsi ugm skripsi psikologi kuantitatif skripsi uny skripsi hukum skripsi 5 momen hand hygiene

135. Peningkatanketerampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di Tk adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Rabu 2 April 2025
135. Peningkatanketerampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di Tk 135. Peningkatanketerampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di Tk 135. Peningkatanketerampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di Tk 135. Peningkatanketerampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di Tk

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "135. Peningkatanketerampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di Tk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel