6. Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa

ABSTRAK

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Intensitas Mengikuti Bimbingan Agama Islam terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan, Siswa MTs YPI Toroh kabupaten Grobogan masih melakukan perbuatan yang dilarang agama dengan mengedepankan emosionalnya seperti   mengejek   teman,   merokok,   bertengkar   dengan   teman, menonton video porno dan mengambil barang milik orang lain dan berhubungan sosial yang kurang baik,  oleh karena itu  dibutuhkan bimbingan   agama   Islam  kepada   siswa,   agar   siswa   mempunyai kecerdasan emosional yang baik yang peka perasaan diri sendiri dan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola   emosi   dengan   baik   pada   diri   sendiri   dan   dalam pengaruhnya dengan orang lain. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yaitu pengaruh  intensitas    mengikuti  bimbingan  agama  Islam  terhadap kecerdasan emosional siswa di MTs YPI Toroh kabupaten Grobogan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kecerdasan emosional siswa di MTs YPI Toroh kabupaten Grobogan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif   dengan populasi 381 anak  dan yang menjadi sampel sebanyak 95 responden. Metode pengumpulan data menggunakan  questionaire (angket) dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi satu prediktor yang di hitung dengan bantuan SPSS 16.00. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh intensitas mengikuti bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan, yang ditunjukkan F test yang  menunjukkan  nilai  89.963  dengan tingkat  probabilitas  0,000 yang di bawah alpha 0,005. Hal itu berarti bahwa intensitas mengikuti bimbingan agama Islam berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa  MTs  YPI  Toroh Kabupaten   Grobogan.   Berdasarkan  hal tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa semakin tinggi intensitas mengikuti bimbingan agama Islam semakin tinggi kecerdasan emosional di MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan. Sebaliknya semakin rendah intensitas mengikuti bimbingan agama Islam, semakin rendah pula kecerdasan emosional di MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan. Intensitas mengikuti bimbingan agama Islam mempengaruhi kecerdasan emosional di MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan, sebesar 49,2% dengan R square 0.492, sedangkan sisanya sebesar 0,508 artinya 50,8% dipengaruhi oleh faktor lain seperti citra diri, jenis kelamin, peran perilaku orang tua, serta peran faktor sosial.

Kata  Kunci:  Intensitas  Mengikuti  Bimbingan  Agama  Islam  dan Kecerdasan Emosional
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

6. Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

6. Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa 6. Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa 6. Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa 6. Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa

Belum ada Komentar untuk "6. Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel