ABSTRAK Hubungan interpersonal adalah ikatan yang terjalin erat dan saling mempengaruhi antara dua individu untuk mencapai tujuan bersama. Di samping itu, manusia sebagai mahluk sosial membutuhkan orang lain untuk saling bantumembantu, berinteraksi membina kerukunan hidup bersama, hal tersebut, merupakan bukti pentinggnya kita menjalin hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal dapat terjalin dengan baik apabila kita bersikap percaya, suportif, serta terbuka kepada orang lain. Motivasi belajar merupakan suatu yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan belajar. Motivasi belajar ada yang berasal dari diri sendiri yang biasa disebut dengan motivasi instrinsik ada juga yang berasal dari luar diri yang itu membutuhkan rangsangan dari luar yang biasa disebut dengan motivasi ekstrinsik. Penelitian yang dilakukan di Universitas Islam Negeri Malang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan interpersonal mahasiswa fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006 / 2007? Bagaimana motivasi belajar mahasiswa fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006 / 2007? Serta adakah korelasi antara hubungan interpersonal dengan motivasi belajar mahasiswa fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006 / 2007? Penelitian diharapkan dapat dipergunakan sebagai media informasi yang efektif bagi Universitas Islam Negeri Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif model eksplanasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa fakultas Tarbiyah semester II angkatan tahun 2006 / 2007. Pengambilan sampel dengan teknik sampling acak (random sampling) dari populasi berjumlah 313 mahasiswa diambil 20% atau 63 mahasiswa sebagai sampel. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket atau skala hubungan interpersonal dan motivasi belajar. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson, sedangkan uji relibilitas dengan rumus alpha chronbach. Berdasarkan hasil uji instrumen diketahui bahwa nilai validitas dan nilai relibilitas mendekati 1.00. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan interpersonal mahasiswa fakultas Tarbiyah adalah sedang atau cukup dan motivasi belajar mahasiswa fakultas Tarbiyah juga sedang. Ada pengaruh yang signifikan dan sumbangan efektif hubungan interpersonal terhadap motivasi belajar sebesar 49,5 % berarti bahwa dari 63 mahasiswa yang dijadikan sebagai responden.
Tag Favorit :
Pendidikan Geografi
Kimia
skripsi ojek online
skripsi 3 bulan
uji f skripsi
Tarbiyah
skripsi jual beli
skripsi zakat online
variabel x skripsi
skripsi ugm
skripsi sastra indonesia
skripsi sistem informasi akuntansi
skripsi kecemasan
skripsi 19000 diamond
skripsi 3 variabel manajemen
511. Pengaruh Hubungan Interpersonal Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,
Rabu 2 April 2025
Belum ada Komentar untuk "511. Pengaruh Hubungan Interpersonal Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa"
Posting Komentar