13. Pemanfaatan Gypsum Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Ukir Motif Geometris Siswa Kelas Vii Smp 1

ABSTRAK
Pembelajaran  seni  rupa  di  SMP  Al  Madina  Wonosobo  masih  berupa kegiatan pembelajaran  yang monoton atau tidak menarik.Oleh sebab itu perlu adanya  pembelajaran  yang menarik  agar  mampu  mengembangkan  kreativitas siswa dalam berkarya seni.Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran mengukir pada gypsum dengan motif geometris.  Rumusan masalah yang  dikaji  adalah  bagaimana  pemanfaatan  gypsum  dalam pembelajaran  ukir motif geometris siswa kelas VII SMP Al Madina Wonosobo?, bagaimana hasil dari pemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometrissiswa kelas VII SMP Al Madina Wonosobo? dan apa faktor penghambat dan pendukung dalampemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometris siswa kelas VII SMP Al Madina Wonosobo?.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SMP Al Madina Wonosobo.   Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut: (1) pemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometris melalui 3 tahap yaitu perencanaan,   pelaksanaan,   dan   evaluasi. Pada   tahap   evaluasi   meliputi penyusunan RPP yang berisi mengenai tujuan dari pembelajaran, materi, metode, strategi, dan evaluasi pembelajaran.  tahap kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan rancangan pembelajaran.  Setelah pelaksanaan pembelajaran, tahap akhir yaitu evaluasi pembelajaran.   Evaluasi mencakup 3 aspek yaitu ide atau gagasan, bentuk karya, dan proses pembuatan.  selain aspek penilaian tahap evaluasi  menggunakan  3  penilai  yang  terdiri  dari  guru seni  budaya  SMP  Al Madina Wonosobo, Guru Seni Budaya SMA Muhammadiyah Wonosobo, dan peneliti, (2) hasil yang diperoleh siswa dalam mengukir pada gypsum motif geometris menunjukkan kriteria baik pada pengamatan proses I dengan nilai rata- rata kelas 76,8 dan pada pengamatan proses II dengan nilai rata-rata kelas 81,3, (3) faktor yang mendukung dari pembelajaran mengukir pada gypsum motif geometris adalah antusias siswa dalam berkarya seni dan kemampuan siswa dalam berkarya seni yaitu mengukir pada gypsum. Faktor yang menghambat pembelajaran mengukir pada gypsum  adalah kurang rasa percaya diri pada siswa saat berkarya dan alokasi waktu dalam berkarya yang masih terbatas.Saran yang direkomendasikan adalah sebagai berikut. Pertama guru sebaiknya memberikan motivasi kepada siswa saat berkarya,   kedua   guru   lebih  banyak dalam menampilkan contoh dari karya seni rupa kepada siswa, ketiga mengatur alokasi
waktu pada saat merencanakan pembelajaran.

Kata kunci: Gypsum, Pembelajaran, Ukir, Motif Geometris
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

13. Pemanfaatan Gypsum Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Ukir Motif Geometris Siswa Kelas Vii Smp 1 adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 13. Pemanfaatan Gypsum Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Ukir Motif Geometris Siswa Kelas Vii Smp 1

Belum ada Komentar untuk "13. Pemanfaatan Gypsum Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Ukir Motif Geometris Siswa Kelas Vii Smp 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel