15. Karakteristik Gambar Ekspresi Karya Siswa Tingkat Sekolah Dasar

ABSTRAK
Menggambar merupakan media berekspresi dan berimajinasi bagi anak. Anak dapat menuangkan kemauan, ide, imajinasi, keinginan, atau gagasan pada gambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana karakteristik gambar yang diwujudkan oleh siswa MI Nyatnyono 02 dan SDN Nyatnyono 02 Kabupaten Semarang berdasarkan periodisasi perkembangan seni rupa anak? (2) bagaimana karakteristik gambar yang diwujudkan oleh siswa MI Nyatnyono 02 dan SDN Nyatnyono 02 Kabupaten Semarang berdasarkan tipe gambar anak? dan (3) bagaimana karakteristik gambar yang diwujudkan oleh siswa MI Nyatnyono 02 dan SDN Nyatnyono 02 Kabupaten Semarang berdasarkan bentuk ungkapan gambar   anak?.   Pendekatan   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Sasaran dalam penelitian ini adalah karakteristik gambar siswa di MI Nyatnyono 02 dan SDN Nyatnyono 02 berdasarkan periodisasi, tipe, dan bentuk ungkapan gambar anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi data   atau penarikan kesimpulan.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik gambar ekspresi siswa di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02 berdasarkan  perkembangan  seni  rupa  anak  menunjukkan  tiga  tahap perkembangan, yaitu pra-bagan, bagan, dan realisme awal. Sebagian besar gambar yang dihasilkan oleh siswa di kedua sekolah menunjukkan tahap bagan. Karakteristik gambar siswa berdasarkan tipe gambar anak di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02 menunjukkan tiga tipe gambar yaitu tipe visual, haptik, dan tipe campuran. Gambar yang dihasilkan oleh siswa di kedua sekolah sebagian besar   menampilkan   gambar   bertipe   visual.   Karakteristik   gambar   siswa berdasarkan bentuk ungkapan gambar anak menunjukkan bentuk ungkapan dimensi,   pengulangan,   penumpukan, perebahan,   tutup-menutup,   perspektif burung,   dan   pengecilan.   Sebagian   besar   karya   siswa di kedua sekolah menunjukkan bentuk ungkapan pengulangan. Beberapa saran yang dapat dikemukakan adalah kegiatan menggambar hendaknya dilakukan dengan merangsang kebebasan anak dalam mengungkapkan imajinasi dan keberanian anak. Diharapkan tenaga pengajar menambah ilmu pengetahuannya mengenai hal- hal yang mendukung perkembangan kreativitas anak didik khususnya mengenai kegiatan  menggambar.  Guru  perlu  mengajak  siswa  untuk  mengikuti berbagai ajang perlombaan di bidang seni rupa khususnya menggambar. Pihak sekolah hendaknya membuat mading untuk menunjang hasil karya siswa

Kata kunci: Menggambar, Karakteristik Gambar Ekspresi, Siswa SD dan MI.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

15. Karakteristik Gambar Ekspresi Karya Siswa Tingkat Sekolah Dasar adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 15. Karakteristik Gambar Ekspresi Karya Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Belum ada Komentar untuk "15. Karakteristik Gambar Ekspresi Karya Siswa Tingkat Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel