123. Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi Dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosakatabahasa Indonesia Anak Tk Aba

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui  pengaruh metode pembelajaran bernyanyi dan bercerita terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak TK ABA Seropan Dlingo Bantul Yogyakrta. Penelitian ini diatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan kosakata Bahasa Indonesia Anak TK ABA Seropan Dlingo Bantul.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksperimen  dengan  desain  the  statis group pretes-posttes design. Metode yang digunakan adalah   pretest, treatment, dan posttes. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa TK ABA Seropan Dlingo Bantul yang berjumlah 40 siswa, dengan rincian 20 siswa kelompok A dan 20 Siswa Kelompok B. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan. Tes ini untuk mengukur penguasaan kosakata Bahasa Indonesia Anak Tk ABA Seropan Dlingo Bantul. Teknik analisis data tentang penguasaan kosakata Bahasa Indonesia menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA).
Hasil penelitian menunjukan bahwa data pretes  antara kelas bernyanyi dan kelas bercerita tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Setelah dilakukan treatment dan hasil analisis postes antara kelas bernyanyi dan bercerita memiliki perbedaan yang signifikan dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji hipotesis sebesar 0,006 lebih kecil dari 0,05 dengan rincian rerata kelas benyanyi sebesar 21 dan bercerita 15,5. kedua metode pembelajaran bernyanyi dan bercerita saling memberikan pengaruh terhadap penguasaan kosakata Bahasa Indonesia, namun metode bernyanyi mempunyai pengaruh yang lebih efektif, yakni 19% lebih tinggi dari metode bercerita.

Kata kunci: metode pembelajaran bernyanyi, bercerita, penguasaaan kosakata Bahasa Indonesia 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

123. Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi Dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosakatabahasa Indonesia Anak Tk Aba adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

123. Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi Dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosakatabahasa Indonesia Anak Tk Aba 123. Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi Dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosakatabahasa Indonesia Anak Tk Aba 123. Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi Dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosakatabahasa Indonesia Anak Tk Aba 123. Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi Dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosakatabahasa Indonesia Anak Tk Aba

Belum ada Komentar untuk "123. Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi Dan Bercerita Terhadap Penguasaan Kosakatabahasa Indonesia Anak Tk Aba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel