43. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smpn 1 Semarang 4

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP N 1Semarang yang menunjukkan terdapat siswa yang tingkat motivasi belajarnya rendah. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan motivasi belajar siswa ini dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok, untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok,  dan  untuk  mengetahui  apakah  motivasi  belajar  dapat  ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu 10 siswa kelas VIII SMP N 1 Semarang yang terdiri atas 8 siswa bermotivasi belajar rendah dan 2 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, agar terjadi dinamika kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara,  skala  motivasi  belajar  dan  observasi.  Sedangkan  teknik  analisis datanya menggunakan analisis deskriptif persentase dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum memperoleh  perlakuan berupa  bimbingan  kelompok,  sebesar  44,4%  kategori rendah. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori sedang sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa terus meningkat menjadi kategori tinggi dengan perolehan sebesar 74%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok motivasi belajar siswa  sebesar 44,4% kategori rendah. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 65% kategori sedang dan pada siklus II motivasi belajar siswa  sebesar 74%. Sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar  yang signifikan setelah diadakan layanan bimbingan kelompok. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya guru pembimbing lebih mengembangkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. 

Kata kunci: motivasi belajar, bimbingan kelompok.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

43. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smpn 1 Semarang 4 adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

43. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smpn 1 Semarang 4 43. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smpn 1 Semarang 4 43. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smpn 1 Semarang 4 43. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smpn 1 Semarang 4

Belum ada Komentar untuk "43. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smpn 1 Semarang 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel